Recent Posts

Tuesday, September 6, 2011

Tips liburan nyaman, android aman

 Liburan merupakan saat menyenangkan bagi anda untuk menghilangkan penat karena terlalu sibuk bekerja, banyak dari kita pada saat liburan menghabiskan waktu dengan men-download aplikasi dan menjalankannya dari beragam tempat yang dilalui.

Tapi tahukah kita bahwa saat itulah smartphone android Anda justru terancam disusupi virus. Anda bisa saja asyik bermain games yang diunduh dari layanan berbagi di internet, lalu tiba-tiba Anda akan mendapatkan link menuju situs yang siap ‘membuat hang’ ponsel Anda.

Perusahaan antivirus Trend Micro mencatat di pertengahan tahun ini saja terdeteksi malware Anroid berupa 3  instaler palsu untuk update aplikasi, yakni  Androidos_ADSMS.A, Androidos_Dordrael.l, dan Androidos_crusewin.A.

Yang terbaru tentu saja ditemukannya malware android, bernama Droid Dream Light (DDLight), yang telah memakan korban 25 aplikasi terinfeksi serta antara 30.000 hingga 120.000 pengguna percaya mereka telah dipengaruhi.

Nah agar smartphone Android Anda aman selama liburan, berikut tips aman dan nyaman menjalankan aplikasi selama perjalanan liburan

Gunakan standar keamanan di ponsel Android AndaMasuklah ke dalam menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel Anda. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel Anda hilang secara fisik.

Jangan pilih setting autoconnect untuk WiFiMasuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi auto connect untuk WiFi.

Hati-hatI terhadap aplikasi yang meminta akses data pribadiPada beberapa aplikasi yang diinstal biasanya meminta ijin Anda untuk membuka beberapa data, tapi yakinkan Anda tidak memberi ijin akses untuk masuk ke dalam data pribadi seperti list kontak telepon.

Gunakan aplikasi keamanan di ponsel Android AndaHati-hati dalam menginstal dan membuka link tertentu adalah cara sederhana, tapi lebih dari itu disarankan Anda juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Pada Trend Micro Mobile Security for Android, bukan saja mengamankan pasword Anda,tapi juga mengamankan semua data transaksi mobile banking Anda.

Jangan mengunduh aplikasi selain dari Android MarketSaran terbaiknya adalah menginstal aplikasi yang ada dalam android market, dengan demikian terhindar dari Trojan android. Baru-baru Trojan android ditemukan dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di China.

okezone.com

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan cantumkan email Anda untuk berlangganan Gratis, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel via email setiap ada artikel yang terbit di Android go Blog.

Silahkan masukkan alamat email anda di sini :

0 comments:

Post a Comment