Recent Posts

Friday, September 16, 2011

Microsoft raup keuntungan yang tidak sedikit dari penjualan Android

Meski perkembangan Windows Phone tak sepesat Apple iOS atau Google Android, Microsoft tetap menuai hasil besar dari industri smartphone yang sedang tumbuh pesat. Tidak lain karena Microsoft memperoleh uang yang tidak sedikit dari penjualan Android.

Mengapa Microsoft bisa memperoleh uang yang sangat banyak dari Android? Hal ini karena Microsoft memberikan kebijakan yang lunak terhadap penggunaan Intelectual Property milik mereka yang digunakan dalam smartphone Android. Microsoft menganut prinsip lisensi paten sehingga beberapa paten mereka yang dipakai oleh Android mereka relakan untuk dipakai asal ada pembayaran royalti terhadap paten yang dipakai tersebut. Jumlah yang dibayarkan oleh beberapa vendor Android diperkirakan paling kurang tiga kali lipat dari penghasilan yang diperoleh oleh Microsoft dari menjual device Windows Phone.

Kebijakan Microsoft ini sangat berbeda dengan Apple Inc yang menginginkan superioritas gadget mereka, baik iPhone maupun iPad. Dengan konsep ini, Apple Inc tidak menginginkan peniruan, apalagi pemakaian paten secara ilegal milik Apple Inc oleh smartphone atau tablet yang dihasilkan oleh vendor lain.
Pendekatan Microsoft sangat sesuai dengan kondisi perang paten. Walaupun tidak banyak dilaporkan seperti Apple Inc yang banyak menuduh vendor Android, Microsoft memperoleh pendapatan yang sangat banyak dari Android. Pada bulan Mei 2011 yang lalu, Asymco melaporkan setiap perangkat Android yang dijual oleh HTC, Microsoft akan memperoleh 5 dollar AS. Bila diprediksi tahun ini HTC bisa menjual 50 juta smartphone, tentu saja Microsoft akan memperoleh 250 juta dollar AS. Ini baru satu vendor.

Beberapa hari yang lalu, Microsoft telah sepakat dengan ViewSonic dan Acer dalam lisensi paten. Meskipun tidak disebutkan seberapa besar kesepakatan tersebut, analis percaya Microsoft akan makin besar pendapatannya dari Android. Apalagi tidak hanya Android, Laptop Chrome yang dihasilkan oleh Acer juga akan membayarkan royalti kepada Microsoft. Tentunya, kebijakan Microsoft yang sangat lunak dalam hak paten memberikan nilai yang sangat besar. Tampaknya Microsoft tidak akan menempuh cara Apple Inc yang menggugat dugaan pelanggaran hak paten kepada pesiangnya karena mereka hanya ingin royalti sehingga bisa memberikan pemasukan yang tidak sedikit ke kas perusahaan

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan cantumkan email Anda untuk berlangganan Gratis, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel via email setiap ada artikel yang terbit di Android go Blog.

Silahkan masukkan alamat email anda di sini :

0 comments:

Post a Comment