Recent Posts

Wednesday, November 9, 2011

Microsoft ragukan android gratis


Microsoft sepertinya memang benar-benar dendam dengan Google. Hal itu terlihat dari ucapan-ucapan petinggi Microsoft yang tekesan selalu menyerang Android. Di sebuah kesempatan, CEO Microsoft Steve Ballmer mencoba meyakinkan publik bahwa Android sebenarnya bukan OS gratis karena Android harus membayar biaya paten pada pihak lain.

Di lain sisi, dalam perjalannya bisnis ke Korea Selatan beberapa hari lalu, pimpinan Google Eric Schmid mengatakan bahwa Google tetap berkomitmen untuk memberikan Android sebagai OS gratis bagi semua rekan kerja produsen perangkat Android.

Google memang tidak menghasilkan uang dari pemakaian Android di smartphone, tablet dan mobile devices lain tetapi Google tahun lalu mampu menghasilkan sekitar $2,5 miliar setahun dari iklan yang dipasang di perangkat Android. Angka itu diprediksi akan meningkat dua kali pada akhir 2012 mendatang, sehingga tidak ada alasan untuk membuat Android OS berbayar.

Tapi Google bukan satu-satunya perusahaan yang diuntungkan oleh Android karena pada kenyataannya Microsoft juga menghasilkan jutaan dollar dari Android. Berdasar sejumlah riset lembaha independen, Microsoft menghasilkan banyak keuntungan dari adanya lisensi hak paten yang mereka dakwakan pada produsen perangkat Android, seperti HTC dan Samsung. Dengan $3 sampai $6 harus dibayar ke Microsoft untuk setiap keping handset Android yang terjual, bisa diperkirakan banyaknya uang yang dihasilkan Microsoft.

Di tahun 2010, Android telah menyumbangkan setidaknya $444 juta untuk Microsoft. Angka itu diperkirakan akan terus melonjak mengingat Microsoft tak henti mengajukan dakwaan ke pengadilan terkait paten di Android devices. Meski sejumlah pihak tidak menyebut angka itu sebagai penghasilan yang sangat besar tapi jumlah itu pastinya memberikan penyegaran bagi Microsoft yang sempat gagal dengan proyek Windows Mobile dan Windows Phone.

Huawei IDEOS C8150 Android - AHAtouch Dari Bakrie TelecomYang terbaru, Microsoft tengah mengejar pabrikan asal China, Huawei. Huawei yang kini tengah menuai sukses dengan smartphone dan tablet berbasis Android IDEOS Series, menjadi calon korban Microsoft berikutnya dengan dakwaan sama: hak paten.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan cantumkan email Anda untuk berlangganan Gratis, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel via email setiap ada artikel yang terbit di Android go Blog.

Silahkan masukkan alamat email anda di sini :

0 comments:

Post a Comment